Pengaruh Pemberian Smoothies Stroberi (Fragaria× Ananassa) Pisang (Musa Paradisiaca) dan Chia Seed (Salvia Hispanica L) Terhadap Kadar Kolestrol Total
Home Research Details
Risse Gandhira Lindkhane, Yuliati Widiastuti, Asysyifa Riana

Pengaruh Pemberian Smoothies Stroberi (Fragaria× Ananassa) Pisang (Musa Paradisiaca) dan Chia Seed (Salvia Hispanica L) Terhadap Kadar Kolestrol Total

0.0 (0 ratings)

Introduction

Pengaruh pemberian smoothies stroberi (fragaria× ananassa) pisang (musa paradisiaca) dan chia seed (salvia hispanica l) terhadap kadar kolestrol total . Cari tahu efek smoothies stroberi, pisang, chia seed terhadap penurunan kadar kolesterol total. Studi pada karyawan RSUD Bedas Kertasari tunjukkan hasil signifikan.

0
3 views

Abstract

Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian global, dengan hiperkolesterolemia sebagai faktor risiko utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian smoothies stroberi, pisang, dan chia seed terhadap kadar kolesterol total pada karyawan RSUD Bedas Kertasari Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan desain quasi experimental two group pre-post test with control design dengan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 20 karyawan dengan kadar kolesterol ≥200 mg/dL, dibagi menjadi kelompok intervensi (n=10) yang menerima smoothies Stropichia sebanyak 250 ml per hari selama 10 hari berturut-turut disertai edukasi gizi, dan kelompok kontrol (n=10) yang hanya menerima edukasi gizi tanpa intervensi smoothies. Formulasi terpilih mengandung stroberi 100 gram, pisang 50 gram, chia seed 7,5 gram, dan 50 ml air dengan kandungan serat 5,53 gram serta vitamin C 72,42 mg per sajian. Seluruh subjek memiliki asupan serat yang kurang dengan rata-rata 8,52 gram per hari dan 65% subjek memiliki asupan vitamin C yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan penurunan kadar kolesterol total pada kelompok intervensi sebesar 30,8 mg/dL dari 264,20 menjadi 233,40 mg/dL dengan nilai p=0,009, sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 45,5 mg/dL dengan nilai p=0,049. Namun demikian, perbandingan perubahan kadar kolesterol antar kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna dengan nilai p=0,526. Disimpulkan bahwa pemberian smoothies stroberi, pisang, dan chia seed berpengaruh signifikan terhadap penurunan kadar kolesterol total, meskipun tidak berbeda bermakna dibandingkan kelompok kontrol



Full Text

You need to be logged in to view the full text and Download file of this article - Pengaruh Pemberian Smoothies Stroberi (Fragaria× Ananassa) Pisang (Musa Paradisiaca) dan Chia Seed (Salvia Hispanica L) Terhadap Kadar Kolestrol Total from Jurnal Andaliman: Jurnal Gizi Pangan, Klinik dan Masyarakat .

Login to View Full Text And Download

Comments


You need to be logged in to post a comment.